Site icon SUCCESS COMP

Printer Tinta Inkjet vs Printer Laser, mana yang cocok untuk kebutuhan Anda?

Printer mana yang cocok untuk saya, apakah Printer Tinta atau Printer Laser? Lebih bagus mana Printer Inkjet atau Printer Laserjet? Yap, itulah pertanyaan yang sering terlontarkan oleh customer Kami di Toko secara Online maupun Offline. Ada banyak hal untuk dipertimbangkan dan untuk membantu Anda memutuskan, simak selengkapnya pada Artikel ini

Perbandingan Printer Tinta vs Printer Laserjet

Apa itu printer inkjet?

Printer inkjet adalah mesin yang menyemprotkan tetesan tinta mikroskopis ke kertas. Printer inkjet umumnya lebih terjangkau, lebih ringkas dan dapat digunakan untuk mencetak dokumen teks dan gambar berwarna dengan kualitas tinggi, terutama dalam mencetak foto.

Apa itu printer laser?

Printer laser adalah mesin yang melelehkan bubuk toner pada kertas untuk menghasilkan cetakan. Mungkin saat pembelian awal Printer laser biasanya harganya lebih mahal daripada printer inkjet namun dengan menggunakan kartrid toner akan lenih ekonomis dalam pemakaian jangka panjang dengan biaya mencetak lebih irit per halaman dan kecepatan cetak yang lebih cepat.

Keperluan Cetak Apa yang Anda Butuhkan?

Jika Anda mencari Printer untuk kebutuhan cetak sesekali (tidak ruitn), kebanyakan orang akan menyarankan Anda untuk membeli printer Tinta atau Inkjet. Namun, yang perlu Anda ketahui keluhan yang biasa dialami pengguna printer Inkjet yaitu tinta yang mengering apabila Anda tidak sering menggunakannya. Lalu jika Anda memiliki anggaran / budget yang terbatas, Kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan Printer Laserjet yang terjangkau, membuat Anda tidak perlu khawatir toner yang digunakan oleh printer laser tidak akan mengering.

Tetapi jika Anda akan mencetak dokumen maupun gambar berwarna secara rutin, Printer inkjet akan menjadi pilihan yang tepat. Namun kembali lagi Anda bisa mempertimbangan memilih Printer Laser yang bisa mencetak warna karena selain tahan lama, juga dapat menghemat biaya penggantian toner. Kemudian memunculkan pertanyaan baru, sebaiknya untuk mencetak warna lebih baik menggunakan Printer Inkjet atau Printer Color Laser?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan kembalikan lagi kepada Anda. Jika Anda memerlukan untuk mencetak foto berkualitas, baiknya pilihlah printer Inkjet Foto. Tetapi jika Anda perlu mencetak gambar berwarna dengan kualitas sedang yang tidak membutuhkan detail warna, kami sarankan Printer Laser Warna karena dua alasan yaiut Toner laser tidak mengering jika lama tidak digunakan dan Anda dapat mencetak lebih banyak halaman dari kartrid toner laser daripada kartrid Inkjet

Kualitas cetak

Jika Anda perlu mencetak foto dengan kualitas baik, pilih printer Inkjet / Tinta foto Profesional yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi. Namun, jika yang Anda butuhkan adalah printer handal yang dapat terus mencetak dokumen yang tajam dan cepat, printer laser adalah yang Anda butuhkan.

Namun saat ini kemajuan dalam teknologi Printer telah memungkinkan printer laser warna untuk sekarang menghasilkan foto berwarna yang cukup mengesankan juga. Meskipun printer Inkjet masih menang diatas Laser dalam mencetak foto resolusi tinggi dengan ketajaman warnya. Printer laser warna sekarang menjadi pilihan untuk dipertimbangkan bagi mereka yang ingin mencetak gambar berwarna berkualitas menengah yang juga memiliki daya tahan dan hemat biaya .

Kesimpulannya:

Printer Laser Monochrome: Sangat baik untuk teks dan dokumen.

Printer Laser Berwarna: Sangat baik untuk teks, dokumen dan dapat mencetak gambar berwarna berkualitas menengah (Untuk: Foto keluarga untuk penggunaan pribadi).

Printer Inkjet Foto: Bagus untuk mencetak foto berkualitas tinggi dengan rentang warna yang luas dan resolusi tinggi.

Kecepatan Cetak

Printer laser dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan cetak di Perkantoran sehingga mereka direkayasa untuk mencetak lebih cepat (antara 15 hingga 100 halaman per menit atau ppm), sementara printer inkjet mencetak lebih lambat sekitar 16 ppm. Karena printer laser lebih cepat, mereka dapat menghasilkan lebih banyak dokumen dibandingkan dengan printer inkjet dan karenanya memiliki volume cetak bulanan yang lebih tinggi.

Jadi, memutuskan Printer inkjet atau Laser yang Anda harus pakai tergantung pada dengan apa yang Anda cetak, berapa banyak yang Anda cetak, dan lain-lain. Jika Anda masih bingung dan membutuhkan konsultasikan Printer apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda sialhkan kontak Kami di WA 085210000355

Exit mobile version