Solusi Laptop ASUS Lemot di Windows

Mengapa Laptop ASUS Saya Menjalankan Lambat di Windows 10?

Kenapa setelah Saya menggunakan 1 Bulan Laptop ASUS saya lemot?

Mungkin 2 pertanyaan ini yang sekarang ada di pikiran Anda hingga membuat Anda prustasi karena membuat pekerjaan Anda terhambat. Jika kinerja komputer Anda terus menurun, Anda sebaiknya berhati-hati. Anda harus mencari tahu mengapa laptop ASUS Anda menjadi sangat lambat. Alasannya bisa sebagai berikut:

  1. Laptop ASUS diserang Virus atau Malware
  2. Lemot saat Proses Startup
  3. Hard Disk atau SSD (Storage) Penuh
  4. Fan atau Sirkulasi Udara Kotor
  5. Issue System di Windows
  6. RAM Terlalu Kecil
  7. Hard Disk Sudah Tidak Relevan Lagi

Setiap masalah pasti ada solusinya, dari 7 masalah diatas kami akan memberikan solusinya kepada Anda. Simak selengkapnya dibawah ini ya.

  1. Hapus Virus atau Malware

Ketika Windows di Laptop ASUS Anda telah diserang oleh virus atau malware, tentu itu akan mempengaruhi performa Laptop ASUS Anda. Solusinya cukup mudah, yaitu dengan scanning menggunakan antivirus dan menghapus semua ancaman yang mungkin ditemukan. TIPS: Gunakan Software Antivirus berbayar jika Virus Membandel dan jangan lupa selalu rutin untuk update Softwarenya.

  1. Lemot saat Proses Startup

Jika laptop atau PC ASUS Anda membutuhkan 1 menit lebih untuk masuk ke Windows, Anda sebaiknya mengoptimalkannya dengan cara sebagai berikut:

Untuk pengguna Windows 7, Vista, atau XP:

Gunakan utility MSConfig untuk menyetel startup Windows.

Untuk pengguna Windows 8.1 atau Windows 10:

Klik kanan pada taskbar, kemudian pilih “Task Manager”> “Startup”.

Jika status suatu program menunjukkan Enabled, berarti software itu akan berjalan secara otomatis ketika Anda memulai laptop ASUS Anda. Nonaktifkan atau uninstall yang Software yang tidak Anda butuhkan. Semakin sedikit Software dengan Status Enabled yang Anda miliki, semakin cepat proses boot PC atau Laptop Anda.

  1. Kosongkan dan Tingkatkan Ruang pada Drive C untuk Mempercepat Laptop ASUS

Jika CPU / Processor adalah otak dari Laptop atau Komputer; maka hard drive / hard disk itu seperti darah yang menghubungkan setiap bagian. Jika hard disk atau drive sistem Laptop ASUS Anda hampir penuh, Laptop Anda akan lemot. Jadi apa yang harus Anda lakukan? Anda dapat membersihkan komputer dan menambah ruang drive C. Bagaimana cara memperbaiki masalah lambat laptop ASUS? Inilah jalan keluarnya.

Cobalah terlebih dahulu menghapus file-file sampah dengan fitur Disk Cleanup Hard Disk System atau C: yang telah tersedia pada Windows.  

Jika solusi dengan Disk Cleanup tadi belum mempengaruhi performa Laptop ASUS Anda, cobalah untuk menambah ruang pada Hard Disk, bisa dengan mengatur porsi partisinya atau menghapus Software-software sudah tidak Anda gunakan.

  1. Bersihkan Kotoran atau Debu di Fan / Pendingin Laptop

Saat laptop ASUS Anda menjadi lebih cepat sering panas, laptop Anda mungkin lag dan tidak responsif. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba memeriksa Fan dan heat sink untuk melihat apakah ada penumpukan debu atau kotoran disana. Gunakan obeng untuk membuka laptop Anda dengan benar, kemudian vacuum cleaner untuk menyedot debu atau kotoran disana. Catatan, jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri, bawalah Laptop ke Toko atau tempat Service Laptop yang terpercaya.

Jasa Cleaning & Perawatan Laptop

  1. Perbaiki Issue pada Sistem Windows

Ada banyak masalah potensial pada Sistem Windows 10 yang mungkin mempengaruhi performa Laptop ASUS, misalnya serangan malware yang disebutkan sebelumnya, masalah registry, masalah System Disk yang tidak valid, dan lainnya.

Jika laptop ASUS Anda berjalan sangat lambat tanpa alasan, Anda dapat melakukan diagnosa, memeriksa kesalahan sistem file, dan memperbaiki bad sector pada hard drive dan. Anda juga perlu melakukan optimasi disk untuk mendefrag partisi menggunakan Software bawaan Windows. Untuk mengatasi kesalahan registry Windows atau masalah sistem Windows lainnya, Anda dapat menggunakan CCleaner untuk.

  1. Upgrade HDD ke SSD

Jika Laptop ASUS Anda masih menggunakan hard disk, Kami menyarankan Anda dapat mempertimbangkan untuk mengupgradenya dengan SSD, terutama ketika HDD adalah dijadikan drive system, karena kecepatan read-write pada SSD lebih cepat lebih cepat daripada HDD.

  1. Tingkatkan Kapasitas RAM

Ketika laptop Anda memiliki RAM terlalu kecil, laptop ASUS Anda tidak dapat mendukung terlalu banyak Software untuk berjalan dengan lancar, dan itu akan mempengaruhi performa menjadi lambat. Dalam hal ini, memasang RAM baru untuk meningkatkan kapasitas RAM cukup efektif untuk meningkatkan kinerja laptop. Terlebih bagi Anda yang menggunakan laptop ASUS untuk bermain game atau mengedit video / foto, menambahkan RAM (memori) tambahan adalah cara yang tepat.

Untuk melihat spesifikasi RAM Laptop Anda, buka Task Manager, klik “Task” dan “Memory”.

Demikianlah Solusi Laptop ASUS Lemot di Windows 10, semoga dapat membantu dalam menyelesaikan masalah Anda. Silahkan hubungi kami lebih lanjut jika Anda masih mengalami masalah pada Laptop ASUS Anda, dengan cara WA 085210000355

Tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *