SUCCESS COMP

TIPS Ampuh Merawat Hard Disk External Agar Awet

Saat ingin membuka File Penting, Hard Disk Eksternal malah tidak dapat terbaca atau bahkan file hilang dan diminta untuk format? WAH, Seakan Dunia akan Berakhir deh

Mungkin dari Anda pernah atau ingin mencegah hal diatas terjadi bukan? Sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui bahwa Hard Disk External sama seperti Hard Disk Internal yaitu menggunakan cakram berputar sebagai tempat penyimpanan data untuk berbagai macam bentuk seperti file, gambar, suara, video dan lain-lain. Jadi, Hard Disk Eksternal cenderung lebih rentan cepat rusak karena memiliki sensitifitas saat terbentur atau terjatuh berbeda jika kita bandingkan dengan SSD Eksternal yang tidak menggunakan Cakram Keras sebagai tempat penyimpanannya.

Karena itu, pada Artikel kali ini kami mencoba untuk memberikan beberapa Tips kepada Anda bagaimana cara merawat dan menghindari kerusakaan pada Hard Disk Eksternal. Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Minimalisir Kerusakan Fisik

Seperti yang sudah diketahui Cakram Keras sebagai komponen mekanik terpenting pada Hard Disk External memiliki sensitifitas yang tinggi apabila terbentur, terbanting atau terjatuh. Selain harus menghindari untuk menaruh Hard Disk External di sembarang tempat, kemudian minimalisirkan kerusakan yang parah dengan memberikan kemanan ekstra yaitu menggunakan case tambahan.

2. Jangan Terlalu Sering Cabut Pasang Kabel USB

Selain harus dilepas pasang secara hati-hati, kabel USB yang terus menerus dipasang dan cabut ke PC atau Laptop akan membuat konektor USB menjadi Aus. Kemudian jika Anda menariknya secara tiba-tiba dari, maka itu dapat merusak konektor tersebut. Lalu periksa apakah penghubung USB rusak atau tidak. Jika rusak, jangan gunakan konektor USB tersebut karena hal ini dapat berdampak buruk pada komponen di dalam Hard Disk External Anda.

3. Monitor dan Defrag Hard Disk External Secara Berkala

Gunakan berbagai Software seperti S.M.A.R.T dan Chkdsk untuk mengawasi kesehatan Hard Drive Eksternal, disana Anda juga dapat menemukan kerusakan yang terjadi pada Hard Disk Anda. Selain itu, Anda juga harus melakukan Defrag Hard secara berkala yang akan berfungsi menstabilkan dan memeriksa Bad Sector pada Hard Disk Eksternal Anda.

4. Gunakan Fitur “Safe Remove Hardware”

Selalu gunakan opsi atau fitur Safe Remove Hardware sebelum Anda melepaskan Hard Disk Eksternal dari Laptop atau PC Anda. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan file yang corrupt bahkan dalam kasus tertentu dapat menyebabkan hard disk eksternal harus di format ulang. 

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerusakan dan membuat awet Hard Disk External. Semoga dapat membantu Anda untuk beraktifitas dan berkerja lebih nyaman. Jika Anda membutuhkan jasa service ataupun cleaning Laptop silahkan hubungi Success Comp di 085210000355

 

 

Exit mobile version