Site icon SUCCESS COMP

Tips Memilih Spare Part Printer Berkualitas

mainboard LQ 2190

mainboard LQ 2190

Para pengguna printer mungkin pernah mengalami kejadian tak menyenangkan ketika printernya bermasalah. Walaupun hanya satu bagian printer yang rusak, bisa membuat printer tidak dapat melakukan proses mencetak. Akibatnya bisa menghambat dan merugikan pekerjaan Anda yang sedang membutuhkan dokumen untuk dicetak.

Jika kerusakan yang terjadi hanya pada salah satu elemen yang bisa diperbaiki atau diganti dengan yang baru, membeli spare part printer sesuai kebutuhan Anda bisa dijadikan pilihan. Daripada membeli printer baru yang harganya tentu lebih mahal daripada spare part yang bisa membuat printer Anda normal kembali. Namun, perlu hati-hati saat Anda ingin membeli spare part. Jangan sampai Anda rugi karena kesalahan dalam memilih spare part untuk printer Anda.

KLIK Untuk Pembelian Sparepart – Reseller Welcome

Tips Memilih Spare Part Printer

Nah, berikut ini beberapa tips memilih spare part printer berkualitas yang perlu Anda perhatikan!

Sebelum memutuskan membeli spare part, pastikan dulu bagian mana dari printer yang perlu diganti atau diperbaiki. Apakah bagian head printernya, ribbon, mainboard printer, power supply, atau bagian lain. Pastikan Anda mengetahui kerusakan bagian komputer tersebut. Sehingga ketika membeli bisa disesuaikan dengan kebutuhan printer.

Saat ini memang banyak penjual spare part printer dimana-mana, baik di toko offline maupun secara online. Jika ingin mendapatkan barang original dan berkualitas, belilah di store resminya. Namun, jika Anda ingin membeli secara online, maka pastikan membeli di toko online terpercaya. Cari toko online yang memiliki review bagus dan menjual barang-barang original.

Jangan lupa belilah spare part sesuai dengan merek printer Anda. Pastikan spare part yang Anda beli merupakan barang original yang memiliki informasi lengkap dari pabrik. Jangan membeli barang yang tidak diketahui mereknya dengan iming-iming harga murah. Merek non-original akan membuat perangkat printer Anda mengalami masalah dikemudian hari.

Sebelum membeli spare part printer yang Anda butuhkan, ada baiknya mengecek harga normal masing-masing spare part di toko resminya. Anda bisa mencari informasi tersebut melalui internet. Harga normal tersebut akan menjadi pedoman saat Anda membeli spare part printer di tempat lain. Jika harga ditempat lain ditawarkan sangat rendah, Anda perlu mencurigainya sebagai produk non-original. Begitu pula sebaliknya, jika harga jual yang ditawarkan sangat tinggi, berhati-hatilah karena penjual menjual produk di atas dari harga normal yang terlalu jauh.

Penting bagi Anda sebagai pembeli memastikan kondisi fisik barang yang Anda beli. Inilah sebabnya, disarankan untuk membeli ke store resminya secara langsung sehingga bisa melihat kondisi fisik spare part printer yang akan Anda beli. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan untuk mengunjungi toko fisiknya, dan mengharuskan untuk membeli secara online. Pastikan toko online yang Anda kunjungi menampilkan gambar produk yang asli dan jelas. Selain itu, pastikan bahwa toko memberikan jaminan berupa garansi atau pengembalian jika barang yang Anda terima rusak dan tidak sesuai.

Agar tidak salah memilih saat membeli, Anda dapat mengajak teman yang paham tentang printer. Sehingga ketika Anda ingin membeli spare part printer, teman Anda bisa membantu Anda untuk mengetahui apakah produk yang jual original atau palsu. Dengan demikian, risiko mendapatkan produk palsu semakin kecil. Kecuali Anda memang sudah paham tentang bagian-bagain printer dan bisa membedakan mana yang original dan mana yang palsu, maka Anda bisa membeli spare part printer sendiri sesuai yang Anda inginkan.

Produk yang berkualitas biasanya akan memberikan jaminan berupa garansi untuk setiap produk yang dijual, apalagi perangkat elektronik. Dengan mendapatkan jaminan garansi, Anda tentu akan lebih yakin jika prduk yang akan Anda beli adalah produk original. Sehingga ketika produk yang Anda beli mengalami kerusakan, pihak toko akan memberikan tanggung jawabnya sesuai yang tertera dalam jaminan garansi.

Sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk membeli spare part printer yang Anda butuhkan, pastikan menyiapkan uang yang cukup. Seperti telah disinggung di atas, ada baiknya jika sebelum membeli produknya, Anda perlu mencari tahu info harga produk pasaran. Sehingga Anda bisa menyiapkan uang yang cukup. Ingat, untuk produk berkualitas tidak dijual dengan harga murah. Jadi pastikan Anda menyiapkan uang lebih tinggi dibandingkan perkiraan Anda, jika ingin mendapatkan produk original.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum terlanjur membeli spare part untuk printer Anda. Apapun jenis printer yang Anda gunakan, berhati-hatilah saat membeli spare part, pastikan sesuai dengan printer And.a

Cara memilih spare part printer Dot Matrix

Kita tahu bahwa ada beberapa jenis printer, salah satunya printer Dot Matrix. Sebenarnya, untuk dalam membeli spare part printer Dot Matrix konsenya sama dengan membeli spare part printer pada umumnya. Anda perlu memperhatikan kualitas barang, merek, hingga spesifikasi detailnya. Printer Dot Matrix adalah printer yang membutuhkan ribbon untuk proses mencetak. Jadi, ketika ribbon rusak dan harus diganti dengan yang baru, waspadalah saat membeli. Belilah di toko kepercayaan Anda yang memang menyediakan produk original. Pastikan membeli ribbon sesuai dengan jenis printer yang Anda gunakan. Jika printer yang Anda gunakan Epson, maka belilah ribbon Epson.

Cara memilih spare part printer Passbook

Sama seperti tips di atas, untuk membeli priner jenis Passbook pun Anda harus memperhatikan keadaan fisik, merek, spesifikasi, dan mempertimbangkan harganya. Ditambah lagi, spare part untuk printer passbook lebih banyak, sehingga saat membeli spare part printer yang baru, pastikan Anda membelinya ditempat terpercaya agar mendapatkan produk yang original. Spare part printer Passbook memang tidak dijual bebas dipasaran, sehingga lebih sulit ditemukan dibandingkan spare part printer jenis lain. Oleh sebab itu, pastikan Anda mendapatkan produk yang original di toko resmi.

Cara memilih spare part printer Inkjet

Tips memilih spare part printer Inkjet tidak jauh berbeda dengan tips di atas. Bahwa dalam membeli spare part printer, Anda harus mengetahui betul bagian printer yang rusak sehingga bisa menggantinya dengan yang baru sesuai kebutuhan. Pastikan membeli spare part printer sesuai dengan merek printer yang Anda gunakan, sehingga tidak menyebabkan kerusakan keseluruhan mesin printer. Khususnya saat membeli cartridge dan tinta, pastikan sesuai merek printer dan original.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membeli spare part printer sesuai jenis printer yang Anda gunakan. Pada intinya, semua jenis spare part printer yang dibeli haruslah original dan sesuai dengan merek printer yang digunakan. Hal ini untuk menjaga keawetan mesin dalam jangka waktu yang lama dan tidak menyebabkan kerusakan perangkat yang lebih parah. Semoga kita bisa lebih berhati-hati saat membeli spare part printer, sehingga bisa mendapatkan produk yang original.

Baca: Inkjet Printer: Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Kelemahannya

Exit mobile version