SUCCESS COMP

Cara mengatasi Printer Offline yang Paling Ampuh

Cara mengatasi Printer Offline merupakan sebuah hal yang bisa dibilang sulit-sulit gampang, Bisa dibilang sulit karena mungkin ini kejadian pertama yang kita alami saat memiliki Printer, bisa dibilang mudah atau gampang ketika kita sudah mengetahui penyebab yang membuat Printer menjadi offline kemudian sudah mengetahui solusinya.

Terlebih lagi, Printer yang offline memang membuat susah, apalagi saat kita sedang dikejar deadline pekerjaan ataupun tugas. Nah untuk mengatasi hal ini, kami akan berbagi kepada Anda beberapa cara mengatasi permasalah printer yang offline ini.

Penyebab Printer Offline

Sebelum membahas lebih dalam, perlu Anda ketahui terlebih dahulu berbagai penyebab yang mungkin membuat Printer Offline:

  1. Masalah Koneksi Printer
  2. Masalah Driver Printer
  3. Masalah Print Spooler Service
  4. Kehabisan Kertas
  5. Kehabisan Tinta
  6. Paper Jam
  7. Kerusakan Komponen Printer

Mengatasi Printer Offline

Nah, dari penyebab-penyebab diatas Kita dapat mengetahui apa yang bisa menjadi solusi printer yang offline sebagai berikut:

Cek Koneksi Printer

Penyebab pertama yang terjadi pada Printer yang mengalami offline adalah masalah pada koneksi Printer. Solusi yang dapat Anda lakukan yaitu memeriksa kembali apakah koneksi antar Printer dengan Laptop atau Smartphone Anda tidak mengalami masalah. Untuk printer yang menggunakan kabel sebagai konektivitasnya, Anda bisa memeriksa apakah kabel USB yang Anda gunakan kendor, mengalami kerusakan atau tidak. Jika kabel bermasalah, cobalah menggantinya dengan Kabel USB yang baru. Lalu apabila Printer Anda menggunakan Wireless sebagai konektivitasnya, Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya mengenai Cara Memperbaiki Printer yang tidak Terdeteksi

Install ulang atau Update Driver Printer

Driver adalah sebuah software yang menjembatani Hardware dengan Sistem Operasi yang ada pada Laptop / PC. Jadi jika software driver Printer Anda mengalami masalah tentu dapat meyebabkan status pada Printer menjadi Offline. Untuk itu kami merekomendasikan kepada Anda untuk Re-install ataupun meng-update Driver Printer Anda. Caranya sebagai berikut:

Cara Install Ulang Driver Printer di Windows 10

Windows 10 Settings

Windows 10 Settings

Printer & Scanners

Printer Offline

Remove Device

Add Device

Printer sudah tidak Offline

Status Printer Ready

 

Cara Update Driver Printer di Windows 10

Search Windows

Device Manager

Update Driver Printer

Restart Print Spooler Service

Printer Anda akan tidak dapat digunakan atau statusnya menjadi offline karena Print Spooler Service tidak berjalan dengan baik. Dalam beberapa kasus Print Spooler Service mati dengan sendirinya. Jadi Anda perlu memeriksa & melakukan restart pada Service ini dengan cara sebagai berikut:

Restart Printer Spooler Service di Windows 10

Windows 10 Settings

Windows 10 Settings

Services Windows

Print Spooler Service

Restart Print Spooler

Start Print Spooler

Tambahkan Kertas pada Printer

Ketika Printer Anda menunjukan peringatan out of paper, artinya kertas yang ada pada Tray / Wadah Kertas Printer sudah habis setelah digunakan. Jadi, jika peringatan ini muncul segera untuk mengisi kembali kertas pada Tray atau Wadah Kertas Printer Anda.

Ganti atau Isi Tinta Printer

Sama seperti poin diatas mengenai kertas yang habis, apabila tinta Printer Anda habis juga mengakibatkan status Printer menjadi Offline. Untuk itu, segeralah isi tinta Printer Anda atau jika dengan Printer Anda menggunakan sistem Cartridge, segera ganti baru Cartridge printer Anda.

NOTE: Gunakan Selalu Tinta atapun Cartridge Original untuk mencegah kerusakan pada Printer

Atasi Paper Jam

Ketika Printer mengalami Paper jam, biasanya Printer akan menjadi Offline. Ini diakibatkan adanya kertas yang tersangkut didalam Printer. Untuk mengatasi hal ini kita harus mengeluarkan kertas yang ada didalam Printer secara manual. Untuk melakukan hal ini Anda harus secara hati-hati dan perlahan. Adapun beberapa kasus Printer mengalami Offline setelah Paper Jam diatasi, pada keadaan seperti ini, Kami kembali menyarankan kepada Anda untuk melakukan Restart Print Spooler Service(link keatas)

Service Printer Anda!

Ketika semua cara-cara diatas sudah Anda lakukan namun belum dapat mengatasi printer yang offline. Kami menyarankan kepada untuk memperbaiki Printer Anda ke Tempat Service Printer. Sebab kami mencurigai Anda komponen di dalam Printer Anda yang bermasalah atau rusak.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatasi printer yang offline, semoga dapat membantu dalam menyelesaikan permasalah Anda. Apabila Anda masih mengalami kendala, jangan sungkan untuk berkonsultasi pada Kami via WhatsApp 0852-1000-2083

Exit mobile version