Epson PLQ-20

3 Jenis Passbook Printer dengan Fungsi dan Kelemahannya                  

Pernahkah Anda melihat karyawan di perbankan seperti Teller yang mencetak buku tabungan? Apakah Anda sempat berpikir jenis printer apa yang digunakan tersebut? Printer yang digunakan untuk cetak buku tabungan tersebut berbeda dengan printer-printer pada umumnya. Jenis printer khusus ini dikenal dengan sebutan “Passbook Printer”.

Passbook printer tidak dijual pasaran seperti printer lain, biasanya hanya dijual berdasarkan pesanan instansi atau perusahaan tertentu. Karena memang menggunaanya tidak dilakukan oleh sembarang orang. Beberapa jenis Passbook printer yang banyak digunakan yaitu Epson PLQ-20, Olivetti PR2Plus, dan Wincor. Berikut ulasan lengkapnya!

  1. Epson PLQ-20

Passbook Printer Epson PLQQ-20 adalah salah satu jenis printer DotMatrix yang memiliki 24 pin. Passbook ini memiliki kemampuan untuk mencetak buku tabungan hingga ketebalan 2.6 mm. Tak hanya itu saja, Epson PLQ-20 juga memiliki kecepatan tinggi hingga 480 cps, sehingga membuat pekerjaan lebih cepat selesai.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur yang mampu mengatur kertas dan jarak print secara otomatis. Sehingga proses percetakan berjalan lancar dan hasilnya memuaskan. Printer ini juga berfungsi untuk mencetak dokumen berukuran kecil seperti cek, giro, STNK, BPKP, Surat Nikah, dan sebagainya.

Kelemahan dari printer Passbook Epson PLQ-20 yaitu terjadi eror jika dipasang pada perangkat komputer dengan sistem operasi Windows 7 ke atas. Hal ini dikarenakan Passbook Epson PLQ-20 dengan driver lama belum mendukung sistem operasi tersebut. Solusinya, Anda perlu mendapatkan atau mendownload driver Passbook Epson PLQ-20  versi terbaru sehingga bisa diinstal dengan sukses di semua sistem operasi.

  1.  Olivetti PR2 PLUS
Olivetti PR2 PLUS

Olivetti PR2 PLUS

Produk Passbook selanjutnya yang juga banyak digunakan yaitu Olivetti PR2 Plus. Perangkat ini membantu kegiatan perbankan untuk mencetak buku tabungan mulai dari satu lembar hingga berlembar-lembar. Bentuknya yang kecil membuat passbook ini terasa lebih simpel dan tidak memakan banyak tempat. Menariknya, Olivetti PR2 Plus dilengkapi dengan scanner dua sisi, sehingga membantu proses percetakan .

Namun, dibalik keunggulan yang ditawarkan ternyata Olivetti PR2 Plus juga memiliki kelemahan, salah satunya adalah gagal mencetak. Sehingga printer harus di reset seperti printer-printer pada umumnya. Jika Anda tidak memiliki keberanian untuk mereset sendiri, lebih baik mintalah teman yang bisa membantu mereset dengan cara yang tepat atau membawanya ke tempat service passbook printer. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan yang lebih parah.

  1. Wincor
Wincor Nixdorf Passbook Printer

Wincor Nixdorf Passbook Printer

Printer passbook Wincor juga dijadikan pilihan passbook untuk dunia perbankan, karenan fungsinya yang mampu mencetak dokumen berupa buku tabungan dengan mudah dan cepat. Memiliki sistem integrasi yang fleksibel, sehingga perangkat ini mudah dioperasikan, bahkan oleh pemula. Harga jual passbook Wincor juga lebih rendah jika dibandingkan merek lain seperti Epson maupun Olivetti. Walaupun murah, namun kualitas Wincor tidak murahan.

Pasalnya, perangkat ini telah dilengkapi dengan teknologi khusus yang membuat sistem bekerja dengan lancar dan minim eror. Hal-hal buruk yang mungkin terjadi yaitu gagal mencetak atau eror yang disebabkan karena proses instalasi yang dilakukan tidak sempurna. Namun, masalah tersebut dapat di atasi dengan melakukan setting ulang atau reset driver agar proses instalasi berhasil secara sempurna dan printer bisa digunakan dengan normal.

Nah, itulah beberapa produk passbook printer yang banyak digunakan oleh perusahaan di bidang-bidang tertentu untuk mempermudah pekerjaannya. Jika perusahaan Anda membutuhkan passbook printer yang berkualitas, pastikan Anda membelinya di toko-toko resmi dan terpercaya.

Tagged , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *