Printer Canon Pixma

Inkjet Printer: Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Kelemahannya

Proses percetakan akan lebih cepat ketika di setiap perusahaan, instansi, bahkan rumah pribadi memiliki printer sendiri. Kini pengguna printer sudah semakin banyak, bahkan seakan printer bukan lagi barang elektronik yang mahal. Umumnya ada 3 jenis printer yaitu Printer Dot Matrix, Printer Laser Jet /LED, dan Printer Ink Jet. Salah satu printer yang paling banyak digunakan yaitu printer Ink Jet, khususnya oleh pengguna pribadi. Mengapa banyak orang lebih memilih menggunakan printer Ink Jet? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian dan Fungsi Printer Ink Jet

Printer Ink Jet adalah salah satu jenis printer yang mengandalkan tinta sebagai elemen untuk mencetak. Didalamnya juga terdapat 2 buah catridge yaitu catridge untuk tinta hitam dan tinda warna. Ini merupakan jenis printer yang banyak dijual di pasaran dan banyak digunakan untuk proses percetakan dengan ukuran kecil, sedang, hingga besar. Printer ini berfungsi mencetak dokumen dalam bentuk teks maupun gambar dan mampu menghasilkan cetakan hingga resolusi 5760 x 1440 dpi.

Cara kerja printer ini menggunakan teknologi khusus yang disebut dor on demand, yakni bekerja dengan menyemprotkan titik-titik tinta kecil ke dalam kertas melalui lubang pipa (nozzle). Selain itu, dikembangkan pula teknologi yang menghasilkan panas dengan tujuan untuk mempercepat proses percetakan. Karena jika hanya menggunakan tinta cair saja membutuhkan waktu lama agar tinta dalam kertas mengering.

Keungggulan Printer Ink Jet

Ada beberapa keunggulan atau manfaat yang bisa Anda peroleh saat menggunakan printer jenis Ink Jet, diantaranya sebagai berikut:

  1. Mampu menghasilkan cetakan yang berkualitas tinggi, baik tulisan maupun foto. Bahkan jika Anda menggunakan kertas foto, printer Ink Jet mampu menghasilkan cetakan foto yang berkualitas.
  2. Memiliki harga jual yang murah. Printer ini memiliki harga beli yang relatif murah. Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang membeli printer Ink Jet untuk kebutuhan pribadi.
  3. Mampu mencetak dengan kecepatan tinggi dalam skala kecil. Nah, printer jenis Ink Jet ini juga mampu mencetak dokumen dengan kecepatan yang cukup tinggi.
  4. Memiliki kemungkinan untuk mencetak dari berbagai sumber. Banyak tipe dan fitur dalam printer Ink Jet, seperti mampu mencetak langsung dari media card maupun kamera digital. Namun, pastikan printer yang Anda beli memiliki fitur tersebut.

Baca: Masalah Umum pada Printer dan Cara Mengatasinya

Kelemahan Printer Ink Jet

Tak hanya diuntungkan dengan beberapa keunggulannya, printer Ink Jet juga memiliki beberapa kelemahan yang bisa merugikan penggunanya, diantaranya sebagai berikut:

  1. Kecepatan cetak printer Ink Jet masih mengalahkan kecepatan cetak pada printer laser. Walaupun memiliki kemampuan cetak yang tinggi, akan tetapi printer Ink Jet masih kalah cepat dengan kecepatan printer laser.
  2. Boros catridge tinta. Ukuran catridge tinta yang terdapat printer Ink Jet berukuran cukup kecil, sehingga rawan rusak ketika sudah digunakan berulang kali mencetak.
  3. Tidak cocok untuk mencetak banyak dokumen. Printer Ink Jet bukan pilihan yang cocok untuk menyelesaikan pekerjaan skala besar. Printer ini tidak mampu mencetak banyak dokumen dalam sekali waktu, karena bisa menyebabkan cartridge di dalamnya cepat rusak.
  4. Tinta mudah luntur. Tinta pada printer Ink Jet berupa tinta cair, sehingga tinta ini mudah lutur ketika terkena air. Tulisan menjadi blur dan tinta akan luntur, tidak seperti hasil cetakan yang dihasilkan printer laser yang tidak menyebabkan tulisan luntur ketika terkena air.

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang printer Ink Jet yang banyak digunakan orang. Sebelum membeli printer, pertimbangkan kebutuhan penggunaannya, sehingga Anda bisa membeli printer yang sesuai.

Tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *