Penyebab Printer Lemot

Faktor penting dari sebuah Printer adalah kecepatannya dalam mencetak demi menunjang produktivitas kita dalam pekerjaan. Jika Printer menjadi lambat atau lemot saat digunakan tentu akan menggangu kinerja Anda.

Apa sebenarnya yang menyebabkan Printer menjadi Lemot? Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa penyebab Printer menjadi lemot yang mungkin bisa membantu Anda dalam mencegahnya terjadi. Simak selengkapnya dibawah ini:

  1. Mencetak Resolusi dan Kualitas Tinggi

Mencetak dengan resolusi dan kualitas yang tinggi sangat penting dilakukan saat Anda ingin mencetak foto atau gambar. Meskipun pengaturan ini menghasilkan gambar yang lebih berkualitas, sisi negatifnya adalah perlu waktu lebih lama bagi Printer Anda dalam proses mencetaknya.

  1. Menggunakan Koneksi Wireless

Mencetak melalui koneksi Wireless tentu memberikan kenyamanan, terutama ketika pekerjaan menuntut Anda harus multitasking. Namun, jika menyangkut soal efisiensi waktu, proses mencetak menggunakan koneksi Wireless membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan Anda mencetak melalui koneksi USB atau Ethernet.

Kenapa mencetak menggunakan koneksi wireless membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan mencetak melalui USB atau Ethernet? Hal ini bisa terjadi akibat lalu lintas pada jaringan Wireless terutama pada penggunaan Kantor yang biasanya sibuk dalam waktu yang bersamaan. Bisa juga terjadi akibat banyak objek penghalang seperti adanya sekat atau dinding yang menghalangi.

  1. Mencetak dalam Jumlah Besar

Printer biasanya akan memproses dokumen sebelum dicetak, hal ini tidak akan menjadi masalah yang berarti jika Anda mencetak dalam jumlah yang sedikit. Tentu akan menjadi masalah jika semakin banyak lembar yang harus diprosesnya bukan?

Salah satu solusi untuk permasalahan ini adalah Anda dapat membagi proses mencetak dalam beberapa batch. Misalakan Anda akan mencetak 100 halaman, cobalah untuk membaginya dalam 5 segemen atau per sepuluh halaman.

  1. Mencetak dengan Tinta Warna

Ketika Anda mencetak dengan Tinta warna hal ini akan membuat Printer bekerja dua kali daripada mencetak dengan tinta hitam saja. Hal ini tentu mempengaruhi mencetak dengan tinta warna jauh lebih lama dibandingkan dengan mencetak warna hitam saja.

Selain mempercepat proses mencetak, mengubah pengaturan cetak dengan menggunakan tinta hitam saja juga akan membuat Anda lebih menghemat jumlah tinta yang Anda gunakan.

  1. Menggunakan Printer Jadul

Semua barang elektronik memiliki usianya, terlebih untuk barang yang jarang dirawat akan lebih cepat usianya. Sama hal juga seperti Printer yang kinerjanya akan menjadi lebih lambat jika sudah terbilang jadul. Tentu hal ini juga dipengaruhi oleh teknologi atau komponen yang sudah tidak mempuni lagi.

Satu-satunya solusi dalam masalah ini adalah dengan mengupgrade Printer Jadul Anda dengan Priter terbaru yang secara teknologi dan mesin lebih mempuni untuk eranya.

Itulah 5 penyebab Printer lemot atau lambat, semoga dapat membantu Anda dalam menganalisa dan melakukan langkah atau solusi selanjutnya. Jika Anda ingin berkonsultasi soal persamasalahan Printer silahkan hubungi Tim expert kami di WA 085210000355

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *