Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Overheat

Overheat adalah masalah paling umum terjadi pada Laptop. Dari Laptop Flagship sampai entry class sekalipun, overheat seakan menjadi momok yang selalu membayangi pengguna Laptop. Berbagai macam pemicu terjadinya Overheat pada Laptop biasanya karena Laptop yang diajak bekerja keras ditambah dengan Ventilasi dan Kipas yang rusak ataupun tertutup kotoran maupun debu. Hal ini pun kerap kali terjadi pada Laptop yang sudah berumur terkadang dalam beberapa kasus terjadi pada Laptop baru sekalipun.

Overheat jika terjadi terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen didalam Laptop, tentu hal ini dapat merugikan pengguna yang harus mengeluarkan biaya servis maupun penggantian sparepart. Nah untuk menghidari semua kekacuan itu, kami akan memberikan tips-tips untuk mengatasi Overheat pada Laptop, simak selengkapnya:

  1. Jaga Suhu Lingkungan Sekitar Laptop Tetap Dingin

Dimana Anda menggunakan Laptop disitu lah Anda juga harus menjaga suhu sekitarnya untuk tetap dingin. Jika Anda berada diruangan baiknya gunakan atau nyalakan AC agar suhu ruangan tetap terjaga yang tentu akan mencegah overheat pada Laptop. Jika Anda berada diluar ruangan, cobalah sebisa mungkin Laptop Anda mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan hindari terik matahari langsung.

  1. Rutin Bersihkan Ventilasi dan Kipas Laptop

Seperti yang sudah Kami singgung diawal artikel, Overheat pada Laptop biasa terjadi karena Laptop yang bekerja keras namun tidak diimbangi dengan sistem pendinginnya yaitu ventilasi dan kipas atau fan Laptop yang tidak berjalan dengan baik karena adanya kotoran dan debu yang menumpuk. Karena itu bersihkan Laptop Anda luar dan dalam terutama bagian ventilasi dan fan ini secara rutin misalkan 2 bulan sekali.

Jasa Cleaning & Perawatan Laptop

  1. Mengontrol Kecepatan Kipas Laptop

Dalam beberapa kasus saat CPU / Prossesor bekerja keras, ini akan membuat Laptop menjadi lebih panas dan ada kemugkinan Kipas pada Laptop Anda tidak berjalan dengan semestinya. Jadi Anda harus mengontrol atau mengaktifkan kecepatan kipas agar Laptop mendapatkan pendinginan lebih, caranya dengan menginstal program seperti SpeedFan untuk Windows.

  1. Menggunakan Meja Khusus / Cooling Pad

Banyak beredar dipasaran Meja dan Cooling Pad khusus untuk Laptop yang akan membantu Laptop mendapatkan tambahan dari luar. Selain itu Laptop juga akan mendapatkan ruang yang lebih untuk medapatkan sirkulasi udara yang baik. Hal ini akan membantu Anda saat menjalankan Aplikasi dan Game yang berat. 

Nah itulah beberapa tips untuk mengatasi Overheat pada Laptop, semoga dapat Anda aplikasikan dengan baik dan membantu Anda dalam berkaktivitas sehari-hari menggunakan Laptop. Jika Anda membutuhkan bantu lebih lanjut silahkan hubungi Kami di WA 085210000355

Tagged , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *