Tips untuk Membeli Scanner yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pengertian Scanner

Scanner adalah sebuah perangkat yang menangkap gambar atau bahkan tulisan yang ada pada foto, majalah, brosur, buku dan media cetak lainnya, kemudian menampilkannya di PC atau Laptop bahkan saat ini dapat menampilkannya di Smartphone Anda. Scanner atau Pemindai biasanya akan menampilkannya dalam format png yang nantinya dapat modifikasi dan diatur ukurannya pada Laptop atau PC menggunakan Software-software photo editor.

Tipe-tipe Scanner

Sebelum membahas lebih lanjut, kami akan share beberapa tipe Scanner yang ada untuk memberikan informasi yang tepat Tipe Scanner mana yang cocok untuk Anda beli dan pakai.

Flatbed Scanners:

Flatbed Scanner adalah tipe Scanner yang saat ini banyak dipakai dan beredar di pasaran. Cara kerja Scanner tipe Flatbed ini sama seperti mesin fotocopy. Karena itu Scanner ini dapat memindai dengan baik berbagai objek berbahan tipis maupun tebal. Penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya tinggal meletakkan objek yang akan dipindai pada bagian kaca atas Scanner lalu tekan tombol Scan selanjutnya biarkan scanner memindai dan merubahnya menjadi format gambar ke PC atau Laptop Anda.

 

Photo Scanners:

Photo atau Photograph Scanner telah dikembang sebagai alat pemindai yang dapat memproses gambar dengan kualitas yang tinggi. Scanner tipe ini juga dilengkapi dengan fitur untuk memeriksa foto negative dan pembesaran foto yang canggih.

Handheld Scanners:

Cara kerja Handheld scanner adalah digenggam oleh penggunanya ataupun dapat diletakkan pada objek yang akan dipindai agar scanner tersebut bisa berdiri. Pengguna dari Handheld scanner ini akan menggerakan scanner ini pada seluruh bagian objek yang nantinya objek tersebut terbaca oleh sensor. Dapat memindai objek seperti kain membuat Scanner ini memiliki keistimewaan tersendiri. Handheld scanner biasanya sering digunakan untuk membaca barcode pada sebuah produk yang ada di supermarket.

Sheetfed Scanners:

Sheetfed scanner adalah scanner yang menjadi satu dengan mesin fax dan keduanya dapat bekerja dengan baik. Dokumen yang muncul dari mesin fax dapat langsung dipindai dan kemudian dijadikan sebuah file gambar pada Komputer atau Laptop Anda. Fitur automatic document feeder (ADF) menjadi pembeda pada sebuah sheetfed scanner dibandingkan scanner biasa. Fitur ini memungkinkan pengguna meletakan beberapa dokumen untuk dipindai secara sekaligus, jadi Anda tidak perlu repot lagi untuk meletakkan satu per satu dokumen yang akan dipindai.

Scanner Portable:

Tipe Scanner yang satu ini memiliki ukaran yang lebih besar dari Handheld scanner tapi masih lebih kecil dari Scanner Flatbed biasa. Scanner Protable sangat berguna saat Anda melakukan perjalanan Bisnis.

Drum Scanners:

Drum scanners mampu memproduksi hasil scan dengan resolusi yang cukup tinggi. Beberapa perusahaan yang membutuhkan pemrosesan grafik tinggi menggunakan scanner jenis ini. Drum scanner menggunakan teknologi photomultipluer tube (PMTs) pada setiap filternya yang mampu secara responsive untuk mengkonversi cahaya ke elektronik pulse, dan menghasikan dynamic range yang tinggi. Dynamic range yang tinggi melambangkan tingkat resolusi kecerahan yang tinggi, hal tersebut merupakan faktor yang penting dalam menangkap setiap detail dari gambar.

Panduan Memilih dan Membeli Scanner

Setelah mendapatkan informasi beberapa tipe Scanner diatas, sekarang Anda sudah mengetahui sedikit gambaran Scanner mana yang Anda rasa cocok dengan kebutuhan. Nah berikut beberapa Tips dan Panduan Anda untuk memilih Scanner:

  1. Format:

Ukuran Kertas Apa yang akan sering Anda pindai?

Jika Anda akan banyak Scan kertas-kertas dokumen kantor dengan ukuran A4, letter, F4 atau plain paper lainnya disini Anda dapat memilih scanner-scanner bertipe flatbed tapi jika anda membutuhkannya untuk scanning diluar kantor atau saat dalam perjalanan Bisnis, anda bisa memilih tipe portable scanner atau handheld scanner. Kemudian bagaimana jika kebutuhan Anda memindai ukuran kertas A3? Anda bisa memilih tipe scanner shetfed, selain karena scanner ini mampu untuk memindai dokumen A3. Tapi, jika Anda butuh memindai dokumen yang lebih besar dari dokumen A3 untuk itu anda bisa membeli scanner bertipe Drum Scanner.

  1. Resolusi:

Untuk beberapa kebutuhan resolusi bukanlah menjadi faktor yang utama dalama memilih Scanner. Untuk scanner dengan resolusi 200 pixel-per-inc (ppi) Anda sudah bisa memindai dokumen biasa, namun ketika Anda juga membutuhkan hasil gambar yang bagus bisa untuk mempertimbangkan Scanner dengan ppi sebesar 300. Tapi untuk saat ini sangat jarang kita temui scanner yang berresolusi dibawah 600 ppi. Nah untuk memindai foto, Anda dapat menggunakan scanner dengan resolusi ini.

  1. Kompatibilitas:

Nah penting, Pastikan Scanner yang Anda pilih sudah kompatibel dengan Sistem Operasi (OS) Desktop atau Laptop Anda.

  1. Fitur:

Saat ini ada 2 fitur Scanner yang akan memudahkan penggunanya, yaitu Automatic Document Feeder (ADF) dan Duplex. Untuk ADF sendiri adalah sebuah fitur yang meringankan pekerjaan dan memangkas waktu kerja Anda. ADF akan otomatis membolak-balik dokumen satu per satu dalam memindai dokumen yang banyak dalam sekali klik. Sementara itu Duplex adalah memindai pada dua sisi halaman dalam waktu yang bersamaan. Biasanya Anda juga memerlukan fitur automatic document feeder dan disisi lain anda membutuhkan teknologi duplexing juga.

Itulah beberapa panduan dan tips untuk Anda dalam membeli Scanner yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan panduan lebih lanjut silahkan hubungi kami di WA 0852100003550

 

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *