SUCCESS COMP

MacBook Pro Lemot, Ini Cara Mengatasinya

MacBook Pro Lemot adalah sebuah masalah yang cukup sering dialami oleh penggunanya yang biasa juga disebut Apple Fanboy. Tentu hal ini akan mengganggu aktifitas atapun pekerjaan yang Anda lakukan dengan Laptop Apple tersebut. Tapi kenapa MacBook Pro biasa lemot dan bagaimana cara memperbaikinya?

Nah pada artikel ini, kami akan berbagi kepada Anda bagaimana cara mengatasi MacBook Pro yang berjalan lambat berdasarkan penyebabnya. Simak selengkapnya dibawah ini

Cara Mengatasi Printer Offline

Penyebab MacBook Pro Lemot

Sebelum membahas perihal cara mengatasi MacBook Pro yang lemot, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab-penyebabnya sebagai berikut:

Cara Mengatasi MacBook Pro Lemot

Setelah sebelumnya Anda mengetahui beberapa penyebab MacBook Pro lemot, saatnya Kami memberikan cara memperbaiki Macbook Pro yang lambat

Periksa dan Ruang Penyimpanan / Storage

Yap, seperti yang kita ketahui bersama Apple tidak memberikan kapasitas yang besar pada Ruang Penyimpanan atau Hard Drive. Hal ini membuat tempat penyimpanan lebih cepat pentuh dan tentu akan berdampak pada MacBook Pro Anda menjadi lemot.

Untuk itu Anda perlu memeriksa dan membersihkan Hard Drive dengan cara seperti berikut:

About This Mac

Jika kapasitas penyimpanan Anda hampir penuh, kami menyarankan dua tindakan yang bisa Anda lakukan:

  1. Membersihkan ruang penyimpanan dari file-file sampah dengan Aplikasi CleanMyMac atau aplikasi utilitas lainnya
  2. Pindahkan file-file besar Anda ke Hard Disk External

Monitor dan Matikan Program berat yang tidak digunakan

Ketika Anda menyalakan MacBook Pro Anda dan terasa melambat, cobalah untuk memonitor aktivitas program yang tidak Anda gunakan dan membebani CPU MacBook Pro Anda. Dengan menggunakan tool gratis dari Mac yaitu Activity Monitor akan membantu Anda dalam memonitor aktivitas MacBook Pro Anda. Caranya sebagai berikut:

source: help.apple.com

source: wikihow

Pertimbangkan untuk Mengupgrade Memori RAM

Menambahkan atau mengupgrade memori RAM memang membutuhkan dana yang harus Anda keluarkan, tapi hal ini mungkin menjadi salah satu cara terbaik untuk memberbaiki MacBook atau Laptop Mac yang lemot. Diharapkan dengan mengupgrade memori RAM dapat menghasilkan peningkatan kinerja pada MacBook Pro Anda.

Printer tidak Bisa Print, Ini Solusinya

Reset System Management Controller

Setiap MacBook Pro memiliki hardware yang disebut System Management Controller. Mungkin Anda belum pernah mendengarnya ya? Dengan menjalankan reset pengontrol ini dapat mengembalikan MacBook Anda ke tingkat kinerja sebelumnya.

source: hawkdive

Tugas System Management Controller adalah mengoordinasikan panas, baterai, lampu LED, dan bagian hardware lainnya. Mengatur ulang SMC memungkinkan Anda dapat menyeimbangkan kembali system hardware.

Jangan khawatir, me-reset pengontrol ini tidak akan membahayakan Mac Anda. Kegiatan ini tidak akan menghapus file atau pengaturan pengguna. Berikut cara me-reset System Management Controller:

source: 123myIT

Update MacOS terbaru

Ketika MacBook Pro Anda menggunakan MacOS yang outdated akan membuat MacBook Pro Anda menjadi lambat. Berikut cara memeriksa dan meng-update MacOS:

source: support.apple.com

Rapikan Tampilan Desktop

Desktop mudah berantakan karena di sinilah hasil screenshot dan gambar disimpan secara otomatis. Tapi, jika Anda sudah merasa melihat Desktop berantakan, inilah waktunya tepat untuk merapikan Desktop hingga tampilannya teratur. Dengan merapikan tampilan Desktop, Anda tidak hanya mendapatkan tampilan rapi dan estetik, tetapi Anda meringankan pekerjaan MacBook Pro Anda, karena setiap ikon desktop aktif yang berarti sistem operasi Anda harus memproses ini setiap menggunakan MacBook Anda.

Bagaimana Anda Mengatur Desktop Anda?

Basmi Virus di MacBook

Alasan lain mengapa MacBook Pro Anda mungkin berjalan lambat adalah karena adanya virus di perangkat Anda yang tidak Anda sadari. Banyak orang berpikir bahwa Mac tidak terkalahkan oleh virus, tetapi kenyataannya tidak demikian. Ya, kemungkinannya lebih kecil daripada perangkat Window, tetapi kemungkinannya masih ada.

Jadi, install dan scan virus di MacBook Pro Anda dengan Software Anti-virus yang legit dan jangan lupa untuk mengupdatenya secara rutin.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatasi MacBook Pro yang lemot, apabila cara-cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah Anda, kami merekomendasikan Anda untuk membawa MacBook Pro Anda ke tempat Service Laptop Terpercaya

Exit mobile version